Minggu, 22 Januari 2012

Vegetarian


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1   Pengertian Vegetarian
        Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari mahluk hidup seperti daging, unggas, ikan atau hasil olahannya. Pertama kali istilah Vegetarian digunakan secara formal pada tanggal 30 September 1847 oleh Joseph Brotherton dan kawan-kawan di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris.

        Kata Vegetarian ini berasal dari bahasa Latin vegetus berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup. Penyebutan secara umum mereka yang tidak makan daging sebelum tahun 1847 sebagai 'Pythagorean' atau mengikuti 'Sistem Pythagorean'. Definisi asli dari 'vegetarian' adalah dengan atau tanpa telur atau produk olahannya. Definisi ini masih digunakan hingga sekarang oleh Vegetarian Society.
        Apabila kita cermati sejarah dunia, pola hidup vegetarian sudah ada jauh sebelum masehi, seperti yang diterapkan oleh masyarakat yang hidup di India dan Tiongkok. Praktek yang mereka jalankan tersebut bertujuan menghormati dan mengasihi semua makhluk hidup.
2.2   Ragam vegetarian
        Ragam vegetarian dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkat kekuatannya meninggalkan konsumsi produk hewani.  
        Ada kelompok yang paling ketat tidak hanya meninggalkan produk hewani, mereka hanya makan bagian tanaman yang dipanen tanpa merusak tanaman pokoknya. Mereka menolak makan kentang atau bayam karena cara memanennya harus mencabut seluruh tanamannya. Bahkan mereka juga tidak mau menggunakan bahan asal hewan dalam bentuk apapun dalam kehidupan sehari-harinya.
    Ada pula kelompok yang paling longgar, mereka masih mengkonsumsi  jenis daging tertentu dan meninggalkan daging merah (daging dari hewan mamalia) atau daging yang menurut agama/ kepercayaan harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi. Sehingga kita jangan heran pada saat ada hidangan daging tertentu tidak dikonsumsi mereka lebih memilih makanan dari unsur nabati tapi pada momen yang lain mengkonsumsi daging lainnya. Pengelompokkan Vegetarian yang lazim dikenal di masyarakat ada 3, yaitu:
1. Pesco/pollo Vegetarian (semi-vegetarian) adalah kelompok yang masih mengkonsumsi produk daging tertentu misalnya daging ayam dan ikan tapi meninggalkan kelompok daging merah.
2. Lacto-ovo Vegetarian adalah kelompok yang masih mengkonsumsi telur dan produk susu dan menghindari segala jenis daging termasuk ikan. Penyebutan kelompok yang mengkonsumsi susu tapi tidak mengkonsumsi telur disebut lacto-vegetarian, sedangkan yang mengkonsumsi telur tapi tidak mengkonsumsi susu disebut ovo-vegetarian.
3. Vegan adalah Vegetarian murni yang hanya mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Kelompok ini sama sekali tidak mengkonsumsi produk hewani maupun turunannya, termasuk gelatin, keju, yogurt. Mereka juga menghindari madu, royal-jeli dan produk turunan serangga. Bahkan sebagian penganut vegan menghindari penggunaan produk hewani seperti kulit hewan ataupun kosmetik yang mengandung produk hewani.



2.3   Fisiologis Tubuh Manusia
Ada beberapa data pendukung manusia lebih cenderung Vegetarian, yaitu :
1) Mulut. Mulut manusia terbuka kecil, sedangkan binatang pemakan daging seperti anjing mempunyai mulut yang terbuka lebar sehingga segumpal besar daging bisa masuk ke dalam mulut.
2) Susunan Gigi. Manusia mempunyai gigi Seri yang memotong tajam dengan gigi geraham yang datar atau rata digunakan untuk melumatkan dan mengunyah makanan sama seperti hewan herbivora (pemakan tanaman). Sedangkan pemakan daging (karnivora) mempunyai gigi taring yang panjang, kuat dan tajam untuk merebut dan merobek-robek daging. Gigi taringnya tajam di sisinya sampai mendekati rahang yang digunakan untuk memotong daging.
3) Gerakan Rahang. Gerakan rahang pemakan daging searah buka dan tutup saja. sedangkan hewan pemakan tanaman mempunyai tiga gerakan rahang yang berbeda - vertikal atau ke atas dan ke bawah ke samping, atau ke sisi-sisi dan ke depan dan ke belakang seperti manusia.
4) Usus. Pemakan daging memiliki perut yang sederhana, usus kecil yang pendek, dan usus besar yang sangat pendek, lurus dan licin. Sedangkan pemakan tanaman mempunyai kapasitas perut yang lebih besar dengan bagian-bagiannya yang seringkali rumit, misalnya perut ternak piaraan/sapi yang berlipat-lipat ganda. Usus kecilnya sangat panjang dan usus besarnya panjang dan licin. Usus manusia tidak berbentuk seperti para pemakan daging.
5) Jalur Keringat. Pemakan tanaman berkeringat melalui kulit sama seperti manusia, sedangkan hewan pemakan daging berkeringat melalui mulut.
6) Ludah manusia mengandung enzim ptilin, sama seperti hewan pemakan tanaman, yang digunakan untuk mencerna tepung, tajin.
7) Manusia meminum air dengan mengisap/menyedot seperti pemakan tanaman. Sedangkan semua hewan pemakan daging menghirup dengan lidah mereka.
8) Garam empedu manusia seperti hewan pemakan tanaman dan bukan seperti pemakan daging.
2.4   Lima Alasan Orang menjadi Vegetarian
a. Alasan Agama
               Ada beberapa agama di dunia ini menganjurkan umatnya untuk menjadi seorang  Vegetarian, termasuk agama Buddha. Meskipun demikian pandangan vegetarian menjadi salah satu pembahasan menarik, panjang dan cukup alot. Terlepas dari segala macam pertimbangan yang ada. Sisi baik Vegetarian tidak merugikan diri sendiri, orang lain dan dipuja oleh para bijak. Maka sepatutnya latihan ini perlu dikembangkan.
        b. Alasan Keuangan
        Keadaan kondisi krisis ekonomi global mengubah gaya kehidupan orang. Ekonomi yang semakin sulit membuat orang melakukan penghematan dalam banyak hal, termasuk makanan.  Orang mulai mengurangi makan di restaurant  atau di luar rumah. Mereka mulai ke pasar atau supermarket membeli kebutuhan pangan, termasuk sayur-sayuran yang harganya relatif lebih murah daripada daging ada dan memasak di rumah.
        Bahkan pada sebagian masyarakat perdesaan maupun masyarakat tertentu, mereka tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging sebaliknya gemar mengkonsumsi tahu dan tempe dalam menu mereka sehari-hari sehingga dapat dikatakan mereka menjalankan diet semi vegetarian


c. Kesehatan
            Kesehatan merupakan harta yang berharga bagi manusia. Meskipun orang memiliki harta, kedudukan atau kesuksesan kalau kesehatan menurun bahkan terjangkit penyakit yang kronis semua perolehan tersebut tidak dapat menggantikan kesehatan. Sementara bagi mereka yang ekonominya menengah atau ke bawah, biaya kesehatan relatif tinggi bahkan banyak timbulnya penyakit-penyakit baru salah satunya dari makanan. Akibatnya orang mulai hati-hati dalam mengkonsumsi makanan.
            Beberapa orang mulai memilih pola hidup vegetarian, karena makanan daging mengandung lemak jenuh berkolesterol tinggi dan banyak berita mengenai hewan-hewan tertentu yang terjangkit virus yang membahayakan manusia, seperti : kasus virus sapi gila, kasus virus flu unggas yang menyerang ayam dan bebek di Hong Kong (1998) sampai ke Indonesia, kasus virus babi Jepang [Japanese encephalitis virus] yang melanda Malaysia dan kasus-kasus lainnya.
            Beberapa dampak negatif daging, antara lain: daging mengandung banyak Uric, Acid, Urea mengakibatkan kerja ginjal berat sehingga timbul penyakit ginjal, rematik, radang persendian ; daging mengandung sedikit kandungan serat mengakibatkan susah buang air besar  ; Hewan yang ada di peternakan sudah pasti diberi obat kimia, antibiotika dan hormon. Binatang itu setelah dijagal kita akan, dagingnya mengandung obat berbahaya memacu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh kita ;  daging waktu dibakar dalam suhu tinggi menghasilkan sejenis Bahan Kimia Methylcholanthrene yang bisa menimbulkan Kanker ; daging yang dibeli di pasar, berpenyakit atau tidak samasekali tidak bisa diketahui ; hewan saat masih hidup punya kemampuan mengeluarkan zat yang tidak berguna dari tubuhnya. Tapi begitu ia dibunuh karena rasa takut, sedih, marah, kesakitan sampai puncaknya sehingga menimbulkan racun dalam tubuhnya ; daging yang mulai busuk akan berkembangbiak bermacam-macam bakteri di dalam daging itu. Pemasakan (direbus atau digoreng, dibakar ) biasa tidak dapat membunuh bakteri tersebut secara keseluruhan dan di dalam daging sapi dan babi terkandung lebih 50 macam bibit penyakit menular dan lebih dari 30 macam cacing dan parasit.
            Apabila ditelusuri daging tidak mengandung karbohidrat, tinggi kadar lemak, miskin vitamin dan mineral. Unsur makanan yang penting adalah KH, karena lemak dan protein adalah cadangan energi yang tidak efisien. Daging tidak mengandung serat. Asam amino pada daging dengan rantai yang panjang ( 51- 200,000) akan patah saat dicerna dan disambung dengan protein manusia. Memanasi makanan akan merusak asam amino pada daging sehingga menjadi sampah dan racun yang menambah beban tubuh. Daging harus dimakan mentah agar asam amino berfungsi optimal dan ini tidak lazim dilakukan manusia.
            Daging mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung( bukan lemat untuk sumber energi). Kandungan lemak dalam makanan yang dianjurkan adalah < 30% dan semakin rendah semakin baik.
            Beberapa dokter  yang tergabung dalam The Physician Committee for Responsible Medicine (PCRM) dengan ahli-ahli gizi yang dalam American Dietetic Association (ADA) pada tahun 1991 bersama-sama merevisi diet “4 Sehat 5 Sempurna” menjadi “4 sehat” yaitu:
1. Palawija seperti : beras, gandum, kentang, sagu, jagung, biji-bijian barley, oat, jali- jali, millet, rye dan umbi-umbian seperti singkong, ketela, talas: roti, mie, bihun dan sebagainya. Kelompok ini sangat kaya akan serat makanan, karbohidrat kompleks sekaligus protein,vitamin B kompleks dan mineral seperti kalsium, zat besi, fosfat, kalium, seng dianjurkan 4 porsi sehari.
2. Sayur –sayuran yang merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang cukup lengkap dan juga serat makanan yang sangat penting untuk kelancaran pencernaan, penyerapan kolesterol dan bahan-bahan beracun serta memperbesar volume tinja dianjurkan 3 porsi sehari.
3. Buah-buahan yang merupakan sumber yang sangat kaya serat makanan,vitamin C dan betakaroten serta fitokimia untuk mencegah berbagai penyakit kanker dianjurkan 3 porsi sehari.
4. Legum merupakan kelompok yang terdiri dari kacang-kacangan, polong dan lentil termasuk hasil olahan seperti : tahu, tempe, susu kedelai dan gluten. Kelompok ini merupakan sumber protein yang sehat dan lengkap, sumber asam lemak tah jenuh seperti asam linoleat, asam linolenat, kaya dengan lesitin, vitamin B kompleks, vitamin A,C,E dan mineral dianjurkan 2 porsi sehari.
d. Etika
            Banyak orang yang masih memandang  dan menganggap hewan, makhluk yang kurang berharga. Keberadaan mereka adalah untuk manusia sehingga orang bebas menyalahgunakan, memanfaatkan, mengeksploitasi bahkan menyiksa mereka. Pandangan ini lambat laun mulai turun. Seiring dengan banyaknya kelompok pencinta hewan yang sangat memperjuangkan agar hewan diperlakukan dengan baik dan tidak semana-mena. Walaupun tidak dapat menghalangi orang-orang melakukan pembunuhan pada hewan. Mereka akan memprotes keras hewan yang dipotong dengan cara-cara tidak wajar atau penyiksaan. Cara pemotongan yang kejam dapat mengakibatkan hukuman bagi pelakunya.
            Kita tidak bisa memungkiri umumnya kemampuan hewan tidak tinggi dan dapat digolongkan sebagai makhluk yang bodoh. Meskipun mereka dapat dilatih dengan baik. Mereka tidak bisa mengembangkan batin atau berpikir seperti manusia. Untuk ukuran hewan, ada beberapa hewan yang sangat cerdas dan tidak diragukan kemampuannya. Selain itu mereka memiliki pula sifat penyayang, setia, bersahabat dan suka menolong pada saat bermasalah. Banyak surat kabar yang mencetak artikel-artikel tentang keajaiban yang telah dilakukan oleh hewan.
            Keberadaan hewan-hewan ada alasannya. Mereka pun merupakan penghuni bumi, kita tidak mempunyai hak untuk membunuh mereka. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa hewan kadang dapat menyembuhkan sakit pada manusia, mungkin karena kasih mereka. Bahkan ada beberapa jenis hewan dipakai untuk pengobatan sakit manusia.
            Pada kejadian-kejadian tertentu hewan tidak hanya menemani manusia, bahkan ada yang mampu menyelamatkan hidup tuannya. Hewan-hewan tersebut, antara lain: lumba-lumba atau ikan paus menolong manusia yang tenggelam di lautan. Anjing yang mampu menyelamatkan manusia dari bahaya kebakaran dan babi berlari bermil-mil untuk mencari bantuan bagi tuannya, walaupun saat tuannya lepas dari bahaya mungkin ia akan dipotong tenggorokannya sebagai santapan malam. Bahkan keberadaan mereka juga menghiasi acara hiburan manusia, seperti penampilan Sirkus. Dalam hal ini hewan-hewan tersebut mampu menghibur dan menambah simpatik manusia terhadap mereka.
e. Lingkungan
            Lingkungan dipakai sebagai alasan karena pemakaian energi untuk menghasilkan daging teramat mahal dan merusak alam, antara lain :
    1. Polusi air : pupuk dan pembuangan kotoran dari tempat penyimpanan ternak, peternakan ayam, dan fasilitas pemberian makanan lain kepada ternak dapat menyebabkan polusi persediaan air.
2. Polusi udara : tiga puluh juta ton methane – gas yang menimbulkan pemanasan global – berasal dari pupuk di dalam kolam pembuangan kotoran atau penimbunan.
3. Pengikisan tanah : hampir 40 persen produksi biji-bijian dunia – dan lebih dari 70 persen di AS – diberi makan kepada ternak. Untuk setiap pon (=setengah kilogram) daging, unggas, telur, dan susu yang kita produksi, ladang pertanian kehilangan kira-kira lima pon permukaan tanah.
2.5   Tips Hidup Sehat
        Ada 7 (tujuh) tips hidup sehat yang dalam berbagai penulisan diajurkan bagi Vegetarian, yaitu :
1.   Makanlah beberapa jenis makanan yang bervariasi, termasuk polong polongan, buah-buahan, sayuran dan serat untuk diet Anda. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan Anda memperoleh segala nutrisi yang diperlukan.
2.  Tambahkan produk kacang kedelai di menu Anda, kecuali Anda alergi terhadap kedelai. Kedelai adalah sumber  yang bagus untuk protein dan bisa membantu Anda terlindung dari kanker.
3.   Makanlah makanan segar sebisa mungkin. Minimal ini membantu proses kelengkapan asupan nutrisi pada tubuh.
4.   Carilah makanan organik. Jika Anda berkomitmen untuk jadi seorang vegetarian atau vegan, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan-makanan terbaik. Anda bisa memulai menanam bahan makanan Anda di halaman rumah. Makanan organik ini biasanya tumbuh tanpa pestisida atau zat kimia untuk kesuburanm jadi jangan khawatir dengan racun. Mungkin lalapan juga bisa jadi pelengkap menu Anda.
5.   Jika Anda mulai bingung dengan menu makanan. Sebaiknya belilah buku masak vegetarian. Selain rasanya lebih pas dengan selera Anda, Anda juga bisa yakin benar tak ada kandungan daging didalamnya dibanding Anda membeli masakan jadi di luar.
6.   Cobalah berkreasi dengan bahan-bahan makanan Anda. Anda juga bisa mencoba masakan etnik seperti masakan ala India, Cina, Thailand, Italia dan Meksiko. Masakan di negara-negara tersebut biasanya tak berdaging. Atau Anda juga bisa mengunjungi restoran vegetarian di kota Anda.
7.   Pertimbangkan apa alasan Anda menjadi seorang vegetarian. Jika Anda sudah yakin, maka bersungguh-sungguhlah. Bergabunglah dengan grup vegetarian di situs dan Anda bisa tahu banyak tentang kehidupan seorang vegetarian.














BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
          Seorang vegetarian akan lebih sehat karena kerja alat-alat tubuh tidak dipaksakan, tidak berkuman, tidak mengandung lemak tak jenuh yang mengakibatkan penyumbatan jalan darah, mudah pencernaannya, bersih darahnya dan sehat hawa pikirannya. Sehingga bagi orang yang mau memulai makanan vegetarian mereka tidak perlu memiliki keragu-raguan atas hal tersebut.
3.2 Saran
               Pertimbangkan apa alasan Anda menjadi seorang vegetarian. Jika Anda sudah yakin, maka bersungguh-sungguhlah. Bergabunglah dengan grup vegetarian di situs dan Anda bisa tahu banyak tentang kehidupan seorang vegetarian









DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar